Kopi Biji Salak yang Berkhasiat

Kopi Biji Salak yang Berkhasiat

Tidak banyak orang tahu kalau biji salak ternyata dapat dibuat kopi. Cara membuatnya sama dengan cara membuat wedang kopi biasa. Di goreng sangan hingga berwarna hitam dan dihaluskan, kemudian di seduh dengan air mendidih dan ditambahkan gula secukupnya. Soal rasa, tak kalah nikmat dengan wedang kopi biasa, bahkan menurut lidahku pribadi, rasanya lebih nikmat, karena selain rasa segar kopi juga tercium bau sedap salak... yah...katakanlah seakan wedang kopi aroma salak... begitulah... sehingga yang memnyukai aroma salak tentu akan lebih merasakan kenikmatannya yang lebih dibanding wedang kopi biasa.

Selain rasanya yang sedap, ternyata khasiatnya juga luar biasa hebat. Mulanya aku tidak pernah mengenal wedang ini, sampai suatu hari seorang teman memberitahuku bahwa tetangganya menjual kopi salak. Bukan hanya segar, kopi itu juga dapat digunakan sebagai obat darah tinggi dan asam urat. Dia bercerita padaku bahwa kakinya yang mulanya sering ngilu, jadi sembuh karena mengkonsumsi wedang biji salak tersebut. Aku jadi tertarik mendengar ceritanya dan ingin mencoba, apalagi karena saat itu aku ingat salah seorang saudaraku mengalami keluhan tulang-tulang kakinya terasa sakit dan sulit di bengkokkan, terutama saat shalat. Dia kesulitan waktu ruku' dan sujud. Akhirnya posisi ruku' dan sujudnya tidak benar karena menahan sakit. Sudah berbagai upaya ia lakukan untuk menyembuhkannya, mulai pergi ke dokter, minum susu kedelai, susu khusus untuk menyuplai kalsium dalam tulang...pokoknya setiap kali mendengar apapun yang mungkin dapat menyembuhkan sakitnya, dia coba, tapi belum juga ada hasilnya.

Akhirnya aku memesan pada temanku untuk dibelikan kopi salak tersebut. Karena belum populer, harganya murah, satu bungkus yang kira-kira satu ons hanya dua ribu rupiah. Aku membeli dua bungkus, yang satu untuk saudaraku, dan yang satu ingin aku coba sendiri.

Dan ternyata luar biasa khasiat kopi salak tersebut. Baru satu kali minum, saudaraku sudah mengabarkan bahwa sakit di persendiannya hilang. Suaminya sampai seakan tidak mempercayai kesembuhannya yang begitu cepat, setelah begitu banyak usaha telah dilakukan. Dan saudaraku tidak perlu berkali-kali meminumnya, dia hanya menghabiskan satu bungkus. Sampai kini, sekitar dua tahunan lebih penyakit itu tidak tampak tanda-tanda kambuh lagi. Dia sembuh total seakan tidak pernah mengalami sakit tersebut.

Mengetahui khasiatnya yang luar biasa apalagi rasanya juga segar, sebenarnya aku ingin rutin mengkonsumsinya, tapi ternyata bagi aku ada masalah. Aku memiliki penyakit darah rendah yang kadang-kadang kambuh. Karena kopi salak untuk menyembuhkan darah tinggi, baru sekali minum tekanan darahku langsung drop, tubuhku gemetar....

Nah, bagi pembaca yang mungkin mengalami suatu masalah yang salah satunya aku sebutkan di atas, mungkin dapat mencoba khasiat kopi salak.... silakan mencoba... semoga bermanfaat....